Inilah EmpatTentara Kerajaan Nusantara Yang Tidak Pernah Takut Terhadap Musuhnya

Untuk mengukuhkan kedaulatan sebuah negara memang dibutuhkan pasukan tentara yang siap sedia membela negaranya dengan berani tanpa mengenal rasa takut. Kebutuhan akan tentara ini ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala ketika Nusantara masih terdiri dari kerajaan-kerajaan yang tersebar dari Sabang Sampai Merauke.

Tentu teknologi perang zaman dulu dan sekarang jauh berbeda, namun tentaranya sama-sama memiliki mental pejuang yang siap mati demi menjalankan tugas. Berikut ini adalah beberapa tentara zaman kerajaan dulu yang keberaniannya melegenda hingga saat ini. Penasarankan? Ini ulasannya.

1. Tentara Kerajaan Singosari

Kemasyuran Kerajaan Singhasari bukan hanya menggema di bumi Nusantara. Kerajaan yang didirkan oleh Ken Arok itu juga sampai ke penjuru Kerajaan Mongol yang dikuasi oleh keturunan Dinasti Yuan. Raja Yuan saat itu cukup percaya diri untuk menaklukkan Singhasari di bawah kekuasaan Raja Kartanegara.  Awalnya, sang Raja Singhasari dituntut untuk membayar upeti pada Mongol.

Dengan keras, Raja Kartanegara menolak bahkan utusan Mongol Saat itu berhasil dilukai. Keberanian Raja Jawa itu juga tercermin pada pasukannya yang ingin mewujudkan impian untuk menguasai daratan di Nusantara. Maka untuk itu, Kertanegera menjalankan  ekspedisi Pamalayu untuk menguasai kerajaan-kerajaan di wilayah Sumatera dan untuk menghadang pengaruh Mongol.
2. Tentara Kerajaan Majapahit

Setelah berhasil menaklukkan dua musuhnya yaitu Jayakatwang dan pasukan Mongol yang ingin menuntut balas pada Kartanegara, Raden Wijaya tampil sebagai Raja Majapahit yang di kemudian hari bukan hanya kekuasaannya hampir terbentang di seluruh Nusantara, tapi juga terkenal dengan pasukannya yang gagah berani.

Raden Wijaya sang pendiri Majapahit menurunkan raja-raja penerus yang juga memiliki ambisi untuk mengukuhkan kekuasaan kerajaannya. Salah satu yang yang terkenal adalah Prabu Hayam Wuruk. Dibantu dengan patih Gajah Mada, Prabu Hayam Wuruk memimpin ekspedisi dan berhasil menaklukkan banyak wilayah mulai dari Logajah hingga Palembang. Keberhasilan itu tentu tak akan tercapai jika tidak didukung dengan mental para tentara yang memang tak kenal rasa takut.
3. Tentara Kerajaan Sriwijaya

Sriwijaya adalah sebutan untuk sebuah Kerajaan penguasa Bahari yang berhasil menaklukkan sebagian wilayah Nusantara dan terkenal dengan keberanian pasukan maritimnya. Berbagai perang berhasil dicapai dengan kemenangan mulai dari zaman Sri Jayanasa hingga Sriwijaya mengalami penurunan.

Bahkan kekuasaan Sriwijaya bisa menjangkau daerah-daerah di luar Nusantara seperti Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya. Sedangkan di Nusantara, Sriwijaya bukan hanya menguasai Pulau Sumatera tapi juga sebagian Pulau Jawa.
4. Tentara Kerajaan Mataram

Ada dua Kerajaan yang dinamai Mataram yaitu Mataram Kuno dan Mataram Islam. Keduanya juga memiliki pasukan tentara yang tangguh dan berani. Misalnya saja Mataram Islam yang pelan-pelan tapi pasti mulai menaklukkan wilayah-wilayah kerajaan di sekitarnya dengan segenap pasukan di bawah pimpinan para senopati. Sampai pada Masa Sultan Agung, pasukan Mataram menjadi salah satu pasukan yang ditakuti.

Bahkan pasukan Mataram tak gentar menghadapi senjata api dan meriam dari pasukan Belanda. Meski tak memegang senjata api dan hanya mengandalkan pedang, panah hingga tombak, Pasukan Mataram tak pernah takut dan berani mati membela kerajaannya agar tak sampai jatuh ke tangan Belanda.
Itulah beberapa pasukan tentara pada zaman kerajaan di Nusantara yang tak kenal rasa takut. Kemasyuran tersebut juga bertahan hingga saat ini, di mana tak sedikit keberanian pasukan tentara Indonesia mengaung di seluruh Dunia.

0 Response to "Inilah EmpatTentara Kerajaan Nusantara Yang Tidak Pernah Takut Terhadap Musuhnya"

Post a Comment