Santri Debat Masalah Hukum Rokok

                    ilustrasi ganbar di ambil dari : m,kwikkucom

Bulan romadhon merupakan bulan paling istimewa di antara bulan-bulan yang lain. Hal yang berindikasi  maksiat atau bisa mengganggu orang yang puasa pasti dilarang. Bahkan ada sebagian kelompok aneh yang mengharamkan warung makan  buka siang hari, penjual es apa lagi. Tapi yang pasti romadhon ini ada aturan tambahan untuk orang muslim agar waktu di maskimalkan untuk ibadah. Malam hari pun tidak seperti biasanya, setiap masjid mushola  pasti ramai berjamaah. 
Nah,,ketepatan ini masih romadhon ane mau cerita humor ini dengarkan baik-baik ya ,,,hehehe kayak radio aja.
Jadi ini cerita mengkisahkan dua persahabatan santri mulai kecil, hingga dewasa tapi beda pandangan , maklum bos,,,,, mondok nya beda almameter. Yang satu islami banget sedikit-sedkit bicara hadist ini itu  kalau orang jawa sering salah ucap jadi iti inu hehehehe
sebut saja namanya cak dul dan gos bul panggilan semacam itu  menandakan orang tuanya pasti istmewaawawaawowww.
langsung  aja ke te ka pe

                 lustrasi gamabar : malhikdua.sch.id

Sore hari terjadilah percakapan yang akhirnya jadi perdebatan

gos bul : dul ini kita mau bukber kemana?
cak dul : saya ikut kamu aja yang pasti kan gratis ehehehhe
gos bul : gimana kalau makan sate kambing di warung pak joni.
cak dul : oke ,,,berangkat.
gos bul : dul , kamu traweh berapa rokaat?
cak dul : pasti 23 lah, saya ikut ulama yang mayoritas aja
gos bul : wah bid'ah tu, kalau saya 11, lebih dikit tapi khusyuk
cak dul : emangnya yang 23 gak bisa khusyu' apa ?
gos bul :  ya gak lah, tiap saya lihat traweh tetangga ,biasanya ngebut kayak motor ninja heheh
cak dul: udahlah gak usah bahas traweh yang jelas kita beda, tapi kan tetap berteman....ya kan
gos bul : okelah kalo getu....mapir toko kurma dulu ya ? beli kurma dulu, ikuti sunah nabi.
cak dul : siaaappppp

              ilustrasi gambar : santrimenara.com

Singkat cerita akhirnya adzan maghrib tiba, mereka pun beberapa menit lalu sudah siap siaga menyantap sate pesenananya.

gos bul : nah,,,udah adzan dul makan kurma dulu tapi jangan lupa do'a.
cak dul,: saya keluar bentar ya bul, mau cari rokok.
gos bul: loh ini makan kurma dulu untuk membatalkan
cak dul : sebelum kamu nawari kurma saya udah minum tadi pas kamu masih di toilet.
gos bul: oooohhh yaudah saya tunggu

Keluar lah cak dul beli rokok.beberapa menit setelah itu kembali lagi dan apa yang akan terjadiii

cak dul :  punya korek bul
gos bul : kamu dah pikun ya , "kapan pernah kamu lihat aku merokok".
cak dul : oh ya lupa , kirain dah gede udah berani ngrokok.
gos bul :  bukan masalah udah gede, tapi rokok itu hukumnya haram tau gak
cak dul : wah gaswat donggg...hehehhe
gos bul : ya , kamu sekali-kali ganti makan kurma dari pada rokok, udah jelas dalilnya, manfaatnya
cak dul :  hehehe ... 
gos bil :  jangan ketawa aja kamu, ingat dul rokok haram, sekali-kali ganti kurma ya.
cak dul :  gini bul, saya ketawa karena omonganmu, masak rokok suruh ganti kurma.
gos bul : la emamg kenapa
cak dul : jangan marah ya bul
gos bul: gak lah, kita kan plend, tapi sekali kali rokok mu itu ganti kurma aja.
cak dul : kamu ngomong seperti itu udah gak kehitung  bul, sebenarnya saranmu itu sudah aku lakukan lebih dari sekali
gos bul :  la qo masih ngrokok
cak dul: la gimana lagi, saya udah habis berkilo-kilo lebih sebagai pengganti rokok seperti yang kamu inginkan tapi hasilnya tetap gak bisa nyala buuuull. kalo kamu bisa tolong bantu aku untuk nyalain.
gos bul :  pura-pura gak dengar sambil menghabiskan makananya
cak dul : bullllll.....kotaaakkkkkkk
 tamat.

              ilustrasi gambar : cyberdakwah.com

0 Response to "Santri Debat Masalah Hukum Rokok"

Post a Comment