Ustadz Gemblung Bikin Bingung Jama'ah Pengajian


Ada sebuah kisah menggelikan telinga entah nyata atau hanya fiktif belaka yang pasti cerita ini menurut penulis lucu dan menghibur, kami kutip cerita ini dari teman se-asrama.
Suatu hari ada mubaligh sebut saja ustadz ridho di undang untuk mengisi ceramah di sebuah masjid perkotaan dan beliau pun menyanggupinya. Aqad kontrak dibuat, beliau  menentukan kapan waktu yang bisa untuk mengisi, akhirnya kesepakatan pun di setujui dengan rincian tiga kali selama seminggu. setelah beberapa hari waktu terlewati, tibalah saatnya  untuk beliau ceramah  menyampaikan tausyiahnya .
Sang pembawa acara menyebut namanya menandakan bahwa waktu sepenuhnya untuk ustadz ridho, majulah beliau ke podium. Sesampainya di podium, ia memperhatikan para jama'ah kurang antusias, sehingga ia bertanya, "Apakah anda sekalian tahu apa yang akan saya sampaikan?"

Jama'ah menjawab, "Tidak tahu..secara serempak", sambil tersenyum menebar pesona  beliau mengatakan hal yang tak terduga, " Sebenarnya saya tidak ada minat berbicara dengan orang-orang tidak tahu tentang apa yang akan saya sampaikan." setelah itu dia tutup dengan salam lalu meninggalkan podium.

Orang-orang merasa malu karena tidak ketahuan mereka,  keesokan harinya ustad naik lagi ke podium karena memang jatah ceramahnya tiga hari.  Giliran beliau ceramah sama seperti hari sebelumnya setelah salam dan muqodimah, sang ustadz pun bertanya  dengan hal yang sama.  Mengingat sebelumnya dengan jawaban tidak tahu, kali ini jamaah menjawab serempak  "tahu" dengan mengulang pertanyaan yang sama. Sang ustadz bikin heboh lagi , beliau  mengatakan, "Nah, karena anda sudah tahu apa yang akan saya katakan, maka saya tidak akan membuang-buang banyak waktu untuk anda sekalian" lalu dia menutup dengan salam dan meninggalkan podium.

Kebingungan jama'ah pun semakin memuncak dengan sikap aneh ustadz ridlo. Akhirnya untuk jadwal hari ketiga jama'ah menyusun rencana supaya ketika ada pertanyaan  mereka bisa menjawab sesuai yang di kendaki ustadz. Mereka meutuskan jawaban dibagi 2 pilihan yang sebagian jawab tahu sebagian lagi jawab tidak tahu. Singkat cerita tibalah waktu ustadz naik podium ketiga kalinya. Masih tetap tidak berubah, Sekali lagi dia bertanya dengan hal yang sama, "Apakah anda sekalian tahu apa yang akan saya sampaikan?"

Sebagian jama'ah pun menjawab dengan serempak "Tidak tahu pak ustadz, sebagian lagi menjawab tahu pak ustadz".

Akhirnya ustadz ridho pun berkata demikian, "Sebagian dari anda sekalian yang tahu apa yang akan saya sampaikan, sudilah kiranya untuk memberi tahu ke jama'ah lain  yang belum tahu," dan  akhirnya dengan salam penutup ia pun meninggalkan podium .

salam gemblung, ketawa saja karena tidak ada yang melarang.

0 Response to "Ustadz Gemblung Bikin Bingung Jama'ah Pengajian"

Post a Comment