Mendagri Pimpin Upacara Peringatan Hari Pancasila di Kemendagri

Dilansir dari : detiknews.com

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kemendagri, Jakarta Pusat. Tjahjo yakin Bangsa Indonesia akan kokoh bila menjalankan inti dari Pancasila.

Pantauan detikcom, upacara di kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, digelar, Kamis (1/6/2017), sekitar pukul 09.50 WIB. Bendera merah putih dikibarkan dan lagu Indonesia Raya dinyanyikan dalam upacara itu.

"Ini kita bersama memperingati 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila, semata-mata menegaskan bahwa proses ketatanegaraan negara merdeka yang telah di ploklamirkan sebagai bentuk negara yang disepakati bersama telah selesai dengan tuntas," ujar Tjahjo dalam sambutannya.

Kedua, lanjutnya, Indonesia yang 71 tahun merdeka seharusnya sudah tidak perlu lagi membahas dasar negara, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila yang jelas merupakan bagian yang tidak terpisahkan, baik di pusat maupun di daerah, memberikan fungsi pengajaran termasuk peran media dalam membangun kecerdasan.

Dilansir dari detiknews.com

"Kalau sila Pancasila ini kita ambil intinya saya yakin bangsa Indonesia bisa kokoh, utuh untuk membangun yang lebih baik," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Yiandre Darwis, dan Ketua Dewan Pers Indonesia, Yosep Adi Prasetyo, serta para rektor dari 63 rektor perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia turut hadir dalam upacara itu..

Hadir pula sebagai peserta upacara jajaran Kemendagri seperti Badan Pusat Sumber Daya Manusia (BPSDM), Inspektorat Jenderal (Itjen), Ditjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda), Ditjen Bina Keuangan Daerah (Keuda), Ditjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes), Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Badan Peneliti dan Pengembangan (BPP), Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), serta stakeholder lainnya.

sumber berita : detiknews.com

0 Response to "Mendagri Pimpin Upacara Peringatan Hari Pancasila di Kemendagri"

Post a Comment